notes tentang Roti (bun making buns, too?)

ehem ehem.. (bergaya bak professor mau ngasih lektur)

bikin roti itu sebenernya gampang2 susah (i think).Bun pernah bikin roti yang passsss banget utk nimpuk .. dan itu setelah ngadonin sampe tangan jadi mengembang (alias keker, hihi)
Tapi, some say kalo udah dapet “click” nya, insyaAllah ke depannya juga mantap ngadonin rotinya tanpa ragu.. hahahaha.

berikut adalah tips2 yang bun dapet dari baca di berbagai sumber, sebelum lupa (bun=pelupa berat) sebaiknya ditulis disini.. dan bila ada tips baru, bun usahain update ya..

(siapa tau aja somewhere out there ada juga yang lagi nyari2 info seputar per-roti-an..)

never give up even if u failed once twice or thrice.. and have a happily munching afterwards..

° Masukkan garam selalu terakhir, katanya, garam menghambat kerja ragi

° urutan memasukkan bahan, pada umumnya seperti ini : tepung (dan bahan kering lainnya), telur, air/susu, mentega, baru garam

° bread improver yang alami adalah kuning telur, pada dasarnya utk adonan yang kurang dari 1kg tepung, tidak memerlukan bread improver. Sebagai gantinya cukup memasukkan tmbahan kuning telur dan mengurangi kadar cairan (air/susu).
Atau bisa jg diganti dng cake emulsifier spt TBM, SP, dll.

° Putih telur pd adonan roti berfungsi utk membuat roti lebih mengembang

° Kuning telur pd adonan roti berfungsi utk melembutkan roti

° usahakan agar waktu pengembangan adonan pas, krn:
bila kurang fermentasi, roti tdk akan mengembang mjd kecil dan permukaannya tidak golden brown
bila over fermentated, roti akan mengempes dan pucat, bau asam ragi akan kuat, dan rasa mnjd asam

° cara utk mengecek apakah adonan sdh pas pengembangannya, adalah dengan menekan samping adonan, dan jika masih ada legoknya, berarti sudah pas. Bila masih bouncy, berarti belum.

° waktu mengoles roti, usahakan rata dan tidak tebal.
olesan bisa dari campuran kuning telur dan sedikit susu atau bisa jg dari susu evaporated

apa lagi yaa.. tuuu kan lupa.. hiks..
nanti kalo ada yang kebaca lagi di update deh..

owkey, smoga bermanfaat..

Advertisements

About chubbylicious

a young mommy that accidentally found a sanctuary place in front of the oven.. now wanting to learn more.. View all posts by chubbylicious

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: